• Pertanyaan yang Sering Diajukan

  • FAQ

    Permohonan Pinjaman

    Apakah saya memenuhi syarat? ​

    Anda memenuhi syarat apabila Anda Warga Negara Indonesia yang telah diterima atau sedang menempuh pendidikan di salah satu lembaga pendidikan tinggi atau lembaga pelatihan yang terakreditasi, baik formal maupun non-formal. Untuk pendidikan formal, pengecekan akreditasi lembaga pendidikan tinggi bisa dilakukan via halaman resmi Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi.

    Bagaimana cara saya mendaftar?

    Silahkan daftar lewat website kami dengan menggunakan alamat email yang aktif dan Anda akan menerima formulir permohonan dari kami melalui email. Lihat 'Panduan Proses Pinjaman' untuk info selengkapnya.

    Biaya apa saja yang bisa kita pinjam melalui Dana Cita?

    Peminjaman bisa dilakukan untuk pembayaran beberapa macam biaya akademis seperti biaya pangkal, biaya gedung, biaya semester, dan beberapa biaya akademis lainnya yang ditagihkan dan bisa kami bayarkan langsung ke rekening lembaga pendidikan.

    Berapa banyak yang bisa saya pinjam? Seperti apa persyaratan pengembaliannya?

    Syarat pengembalian pinjaman akan bervariasi berdasarkan penilaian terhadap potensi pendapatan Anda di masa depan. Kami menawarkan jumlah pinjaman sampai dengan maksimal seluruh biaya pendidikan dan periode pengembalian sampai dengan dua kali dari periode studi yang terpinjam (maksimal 6 tahun).

    Apakah saya membutuhkan peminjam pendukung / penjamin? ​

    Ya, kami mengharuskan orang tua atau kerabat Anda yang memenuhi persyaratan untuk menjadi peminjam pendukung dan rekan penjamin.

    Apa persyaratan untuk menjadi rekan penjamin?

    Rekan penjamin adalah Warga Negara Indonesia, minimal berusia 21 tahun, dan memiliki penghasilan yang dapat dibuktikan.

  • FAQ

    Penawaran Awal

    Apa itu Penawaran Awal?

    Penawaran Awal adalah dokumen yang akan Anda terima setelah formulir dilengkapi dan evaluasi kredit awal selesai, biasanya dalam waktu kurang dari 24 jam setelah formulir diserahkan kepada kami melalui email ke info@danacita.co.id. Informasi yang tersedia dalam dokumen ini meliputi ketentuan pinjaman seperti jumlah pinjaman, jumlah cicilan per bulan, periode kredit, dan skema pembayaran.

    Apakah saya dapat mengajukan jumlah pinjaman yang berbeda setelah menerima Penawaran Awal? ​

    Anda dapat mengajukan revisi jumlah pinjaman namun ketentuan pinjaman akan berubah sesuai dengan jumlah permohonan yang baru.

    Kapan bunga mulai dikenakan pada pinjaman? ​

    Bunga hanya akan dikenakan pada pinjaman setelah jumlah tersebut dicairkan kepada lembaga pendidikan. Jika pinjaman Anda memiliki jadwal pencairan secara berkala, maka bunga yang dikenakan dihitung sesuai dengan jumlah dan jadwal pencairan, bukan jumlah pinjaman total dari awal.

    Bagaimana saya menyetujui Penawaran Awal?

    Setelah melakukan konfirmasi bahwa Anda ingin menyetujui Penawaran Awal, beritahu kami melalui email ke info@danacita.com dan kami akan melanjutkan permohonan Anda ke tahap verifikasi.

    Apakah saya dapat mencabut permohonan saya setelah menerima Penawaran Awal? ​

    Ya, Penawaran Awal tidak bersifat final dan mengikat, Anda dapat mencabut permohonan kapan saja hingga penandatanganan Perjanjian Pinjaman.

    Berapa lama Penawaran Awal akan berlaku? ​

    Penawaran Awal berlaku hingga dua minggu setelah Anda menerima penawaran tersebut. Apabila tidak ada respon dalam kurun waktu dua minggu, kami menganggap Anda tidak lagi tertarik. Akan tetapi, Anda dipersilahkan mengajukan permohonan baru ketika Anda siap.

  • FAQ

    Tahap Verifikasi

    Apa saja dokumen yang dibutuhkan dalam tahap verifikasi?

    Dokumen yang kami butuhkan dari pelajar (peminjam) :

    1. Kartu Tanda Pengenal (KTP)
    2. Kartu Keluarga
    3. Tagihan resmi pembayaran dari kampus
    Dokumen yang kami butuhkan dari wali (penjamin)* :
    1. Kartu Tanda Pengenal (KTP)
    2. Kartu Keluarga
    3. Bukti domisili/tempat tinggal (bisa berupa ID Pelanggan Listrik)
    4. Bukti penghasilan (untuk karyawan) - Slip Gaji/Surat Keterangan Penghasilan & Rekening Penggajian 3 bulan terakhir.
    5. Bukti penghasilan (untuk non-karyawan/wirausaha) - Rekening koran/tabungan 3 (tiga) bulan terakhir
    6. NPWP (jika ada)​
    *) Catatan : Jika pelajar (peminjam) sudah berusia minimal 21 tahun dan memilki penghasilan yang dapat diverifikasi, wali (penjamin) tidak diperlukan.

    Bagaimana saya mengunggah dokumen?

    Pindai dokumen yang diperlukan dan unggah melalui portal yang disediakan di situs kami. Untuk kenyamanan Anda, kami merekomendasikan Anda mengunduh dan menggunakan CamScanner Mobile App yang tersedia secara gratis di Google Play dan Apple Store.

    Apa dokumen yang dapat membuktikan bahwa saya adalah siswa aktif di lembaga pendidikan? ​

    Untuk siswa baru, silahkan unggah surat penerimaan yang mencantumkan nama, lembaga pendidikan, dan program dimana Anda telah diterima, serta tanggal perkuliahan dimulai. Untuk siswa yang sudah aktif, bukti riwayat pembayaran atau transkrip akademik dapat digunakan.

    Saya tidak memiliki bukti tempat tinggal. Apa yang dapat saya lakukan?

    Kami menerima bukti pembayaran listrik atau perjanjian sewa. Jika Anda tinggal bersama orangtua Anda, dan bukti tempat tinggal atas nama mereka, pastikan Anda juga mengunggah bukti hubungan keluarga (seperti Kartu Keluarga).

    Saya bukan siswa baru. Apakah saya perlu meminta surat resmi dari lembaga pendidikan untuk menunjukkan riwayat pembayaran? ​

    Tidak, cukup lampirkan screenshot riwayat pembayaran biaya pendidikan Anda dari situs akademik resmi lembaga pendidikan.

    Saya bukan siswa baru. Apakah saya perlu meminta transkrip akademik resmi dari lembaga pendidikan? ​

    Tidak, cukup lampirkan screenshot transkrip akademik dari situs akademik resmi lembaga pendidikan.

  • FAQ

    Perjanjian Pinjaman​

    Kapan saya harus menandatangani Perjanjian Pinjaman? ​

    Kami akan mengirimkan Perjanjian Pinjaman final melalui email untuk ditandatangani oleh Anda dan penjamin setelah tahap verifikasi selesai dengan lancar.

    Apakah saya perlu menandatangani Perjanjian Pinjaman secara tatap muka? ​

    Tidak, seluruh kegiatan penandatanganan dapat dilakukan secara elektronik melalui DocuSign. Anda akan menerima email notifikasi dari DocuSign bahwa Perjanjian Pinjaman telah dapat ditandatangani. Silahkan ikuti instruksi online untuk menandatangani Perjanjian Pinjaman Anda.

    Apakah orang tua/kerabat sebagai rekan penjamin harus menandatangani Perjanjian Pinjaman? ​

    Ya, mereka akan menerima email dengan instruksi tersendiri setelah Anda selesai menandatangani Perjanjian Pinjaman.

  • FAQ

    Pembayaran Biaya Sekolah & Pengembalian Pinjaman

    Bagaimana pinjaman pendidikan dicairkan? ​

    Pinjaman pendidikan dibayarkan kepada lembaga pendidikan secara langsung sesuai dengan jadwal pembayaran.

    Kapan saya harus mulai mengembalikan pinjaman? ​

    Pengembalian pinjaman berupa cicilan bulanan akan jatuh tempo menyesuaikan tanggal pencairan pertama (maksimal satu bulan setelah tanggal pencairan tersebut).

    Apa saja bentuk pengembalian pinjaman yang diterima?

    Kami menerima pembayaran melalui transfer bank, baik melalui ATM / Bank / Online Banking. Anda dan rekan penjamin akan menerima instruksi pembayaran secara mendetil dan jadwal pembayaran setelah Perjanjian Pinjaman ditandatangani.

    Apa yang terjadi apabila saya tidak membayar pinjaman tepat waktu? ​

    Anda akan dikenakan biaya keterlambatan dan kami akan menahan pembayaran biaya pendidikan selanjutnya hingga jumlah yang tertunggak dibayarkan.

    Apa yang terjadi apabila saya membayar pinjaman lebih awal?

    Pembayaran lebih awal tidak dikenakan biaya tambahan. Perhitungan jumlah yang perlu dilunaskan secara tepat akan disediakan oleh kami setelah Anda menyatakan keinginan untuk melakukan pelunasan awal kepada kami melalui email ke info@danacita.co.id.

    Bagaimana cara Dana Cita melakukan penagihan yang telat?

    Peminjam diharapkan akan melakukan pembayaran secara tepat waktu dan kami akan membantu dengan memberikan pengingat sebelum cicilan jatuh tempo. Sesuai dengan peraturan OJK, penagihan dapat dilakukan Penyelenggara dengan menggunakan atau melibatkan jasa pihak lain di luar Penyelenggara.

  • FAQ

    Bunga & Biaya

    Berapa bunga pinjaman yang harus saya bayar? ​

    Bunga pinjaman akan bervariasi berdasarkan berbagai faktor, seperti profil pemohon pinjaman, lembaga/program studi, jumlah dan jangka waktu peminjaman, dan lain lain. Bunga pinjaman pada umumnya berkisar antara 1,00%-1,75% (flat) per bulan.

    Apakah pendaftaran dikenakan biaya administrasi? ​

    Biaya administrasi hanya dikenakan jika pinjaman Anda disetujui. Biaya administrasi sebesar Rp 100.000 wajib dibayarkan setelah penandatanganan perjanjian pinjaman dan sebelum pencairan pertama.

    Apakah ada biaya-biaya lainnya?

    Jika pinjaman Anda disetujui maka akan ada biaya persetujuan kredit sebesar 3% dari jumlah pinjaman. Jumlah pinjaman final dan cicilan bulanan Anda sudah termasuk biaya persetujuan kredit.

    Bagaimana jika saya terlambat bayar?

    Biaya keterlambatan adalah sebesar Rp 100.000 + 5% dari jumlah yang tertunggak. Di luar itu, kami akan menghentikan pencairan selanjutnya hingga jumlah yang tertunggak sudah dibayarkan.

    Bagaimana dengan biaya pelunasan awal?

    Tidak ada biaya tambahan untuk melakukan pelunasan awal. Perhitungan jumlah yang perlu dilunaskan secara tepat akan disediakan oleh kami setelah Anda menyatakan keinginan untuk melakukan pelunasan awal kepada kami melalui email ke info@danacita.co.id.

All Posts
×