Return to site

Internship at Dana Cita - Sylvia

· AtDanaCita,Blog

Dana Cita tumbuh dan berkembang sebagai fintech startup dengan dukungan tim kecil yang passionate dan kompeten - dan juga tambahan kontribusi dari beberapa interns yang telah menjadi bagian tim kami yang tidak terpisahkan! Segmen ini kami khususkan untuk mengangkat kisah dari tim kami ini - dimulai dari Sylvia, salah satu MBA Intern di Dana Cita. Artikel di bawah kami dapatkan dari rangkuman hasil wawancara dengan Sylvia - yang juga bisa kamu saksikan di dalam IGTV kami.

Sylvia | Internship Experience at Dana Cita

Halo, bisa diperkenalkan siapa kamu?

Yes! Saya Sylvia, Partnership Lead Intern di Dana Cita. Saya menyelesaikan internship di Dana Cita selama tujuh Minggu (awal Juli - 16 Agustus 2018). Saya menyelesaikan S1 saya di Universitas Indonesia, jurusan Manajemen (lulus tahun 2010) - dan sekarang saya adalah current MBA (Master of Business Administration) student di INSEAD, salah satu top business school di Singapura dan Prancis. Sebelum memutuskan untuk melanjutkan kuliah MBA, saya bekerja di McKinsey & Company Indonesia selama dua tahun. Sebelumnya, saya cukup lama (hingga enam tahun) berkarir di Unilever Indonesia, tepatnya di bagian finance.

Thanks Sylvia! Bisa diceritakan asal mula bisa mengenal Dana Cita?

Sure! Pertemuan dengan Dana Cita benar-benar menggambarkan the value of networking. Suatu hari, saya sedang mengikuti salah satu networking event dari INSEAD. Saat itu pula, saya bertemu dengan salah satu mahasiswi INSEAD juga yang merupakan istri dari Naga Tan - co-founder dari Dana Cita. Pertemuan ini membawa saya mengenal apa itu Dana Cita : mulai dari produk; visi-misinya; hingga bagaimana keadaan Dana Cita sebagai sebuah company. Diskusi berlanjut kepada pertemuan saya dengan dua co-founders Dana Cita : Susli Lie dan Naga Tan.

Lalu, mengapa pada akhirnya memutuskan untuk bergabung bersama Dana Cita?

Ada tiga alasan yang mendorongku untuk bergabung :

  1. Saya tertarik dengan visi dan misi dari Dana Cita, yaitu membuka akses pendidikan tinggi bagi anak Indonesia. Ini merupakan visi dan misi yang - menurut saya - sangat dibutuhkan oleh Indonesia.
  2. Selama ini, semua pengalaman kerja professional saya selalu di big corporate yang mapan - sehingga saya ingin sekali bergabung dan mendapatkan pengalaman bekerja di startup company dan suatu perusahaan yang lebih "kreatif".
  3. Personal reason : saya ingin menghabiskan liburan kuliah di Indonesia!

Boleh dijelaskan sekilas seputar job description Sylvia di Dana Cita?

Sebagai fintech startup yang baru berkembang, Dana Cita perlu banyak upaya untuk mengembangkan bisnisnya. Partnership atau kolaborasi dengan pihak luar menjadi salah satu jalan yang dipilih - seperti misalnya bekerjasama dengan beberapa universitas; beberapa company; atau lembaga-lembaga lainnya. Saya berkontribusi dalam pembuatan konsep bagaimana partnership team akan dibentuk dan kemudian juga membantu untuk eksekusi konsep tersebut! Bila ada yang berminat untuk bekerjasama dengan Dana Cita, bisa langsung email saja ke humas@danacita.com ya!

Kembali lagi tentang visi dan misi Dana Cita - bagaimana pandangan kamu terhadap visi dan misi Dana Cita?

Terus terang, saya sangat kagum dengan visi dari Dana Cita, karena di negara berkembang seperti Indonesia, sangat susah untuk melakukan social mobility atau perpindahan kelas sosial. Untuk memperbaiki hidup, kita harus benar-benar bekerja keras, mendapatkan pekerjaan yang layak - dimana pendidikan adalah suatu alat yang bisa digunakan untuk mencapai semua hal tersebut. Namun karena berbagai macam perbedaan (dan juga tantangan) di Indonesia, saya merasa pendidikan masih dianggap sebagai suatu kemewahan. Saya percaya, produk seperti Dana Cita akan membantu untuk mengatasi masalah ini - dan membantu lebih banyak anak Indonesia untuk mendapat pendidikan setinggi-tingginya.

Bagaimana kesan dan pesan Sylvia setelah magang di Dana Cita?

Wah, ada banyak sekali kesan setelah magang di Dana Cita! Yang pertama, tim Dana Cita sangat baik dan hangat! Walaupun baru kenal (total) selama tujuh minggu, namun rasanya sudah kenal lama. Kami selalu makan bareng, kerja bareng - semuanya sangat terbuka! Yang paling penting, semuanya memiliki learning mindset - jadi mereka tidak hanya berkontribusi tentang apa yang sudah bisa mereka lakukan saja, tapi juga saling belajar satu dengan yang lain. Selanjutnya, saya juga senang bisa berada di sini - sehingga saya bisa benar-benar paham dengan business model Dana Cita, dan bagaimana cara mengembangkan sebuah startup dari awal. Hal ini tentunya akan menjadi pengalaman yang sangat berharga bagi saya.

Apa harapan Sylvia untuk Dana Cita? Dan juga untuk pendidikan tinggi Indonesia?

Semoga Dana Cita tetap sukses, tetap ingat pada visi dan misinya, dan dapat membantu lebih banyak lagi anak Indonesia untuk melanjutkan kuliah ke pendidikan tinggi. Kalau harapan untuk pendidikan tinggi Indonesia, mungkin lebih ke keikutsertaan berbagai macam pihak untuk mendorong peningkatan mutu dan akses pendidikan. Tidak cuma pihak swasta ataupun pemerintah - namun semua pihak mulai dari orangtua, pengusaha, fintech company, edtech (education technology) company - semuanya bekerjasama untuk membuat akses yang lebih luas lagi untuk pendidikan di Indonesia.

Dana Cita Team | Pinjaman Pendidikan Terjangkau

Foto bersama setelah "liwetan" bareng!

Tertarik untuk bergabung bersama Dana Cita? Terus pantau website dan ikuti social media kami ya - kami akan post beberapa job vacancies! Siapa tahu kamu adalah our next intern (or our next employee?)

All Posts
×

Almost done…

We just sent you an email. Please click the link in the email to confirm your subscription!

OKSubscriptions powered by Strikingly