· Blog,BebaskanMimpimu

Community Building di Dana Cita!

Dana Cita bukan hanya sekedar sebuah fintech startup yang memberikan layanan pinjaman pendidikan - kami berkomitmen untuk membangun suatu komunitas yang dapat menjadi wadah bagi anggotanya untuk belajar dan berkembang bersama Dana Cita - komunitas di mana kami bisa selalui menyebarkan semangat #BebaskanMimpimu! Komitmen tersebut mendorong kami untuk menyediakan program-program pengembangan yang kami sebut dengan Community Building. Dalam artikel kali ini, kami akan membahas lebih lengkap tentang program tersebut.

Apa itu Community Building?

Apa sih yang mau kita "build"?

Sebelum membahas apa itu "Community Building", kita akan bahas "komunitas" terlebih dahulu. Seperti dikutip dari Wikipedia (yes, we all love Wikipedia!), komunitas adalah sebuah kelompok sosial dari beberapa organisme yang berbagi lingkungan, umumnya memiliki ketertarikan dan habitat yang sama. Lebih spesifik, komunitas Dana Cita adalah komunitas tempat bertemunya pelajar (pengguna solusi pinjaman pendidikan Dana Cita plus Campus Ambassador) dengan satu keyakinan dan ketertarikan yang sama : percaya bahwa pendidikan tinggi merupakan salah satu langkah penting dalam perwujudan cita-cita dan harapan masa depan mereka.

Community Building - jika diterjemahkan langsung dalam bahasa Indonesia berarti "Membangun Komunitas". Seharusnya sudah cukup jelas bahwa membangun komunitas, tentunya bertujuan agar masing-masing anggota komunitas tumbuh dan berkembang ke arah yang lebih baik. Pertanyaan selanjutnya adalah dengan tools dan equipment apa saja kita akan membangun komunitas Dana Cita? Keep reading!

Community Building | Dana Cita - Pinjaman Pendidikan Terjangkau

Kenapa Community Building diperlukan?

Dana Cita terbentuk simply dengan menggabungkan dua kata : "dana" dan "cita" - dari kata "cita-cita". Dengan pinjaman pendidikan yang kita berikan - kami percaya bahwa ada solusi untuk mengatasi salah satu barrier terbesar pelajar dan calon pelajar dalam menggapai cita-citanya atau mimpinya : biaya pendidikan. Adapun demikian, kami merasa bahwa jika solusi ini digabungkan dengan berbagai macam program community building, efek positif yang diberikannya bisa jauh lebih besar.

Lebih lanjut lagi, Indonesia sebentar lagi akan mengalami bonus demografi. Bagai dua sisi masa uang, selain mendatangkan potensi yang luar biasa bagi negara - bonus demografi juga menuntut para pemuda jaman sekarang (yang nantinya akan menjadi "aktor utama" di tahun 2020-2030) untuk terus mengembangkan dirinya - tingkat persaingan untuk menjadi pemuda yang unggul juga semakin tinggi. Selain itu tingkat mobilitas masyarakat di dunia juga semakin tinggi, jadi tidak hanya bersaing dengan sesama pemuda dalam negeri saja, kamu juga akan bersaing dengan mereka yang datang dari luar negeri! Kita - pemuda Indonesia - harus bersiap secara matang untuk menghadapinya. Oleh karena itulah Dana Cita sangat ingin mendorong setiap anggota Komunitas Dana Cita untuk menjadi pemuda yang kompetitif dan memiliki daya saing tinggi. Program yang kami berikan dalam Community Building merupakan bentuk nyata dukungan kami bagi pembelajaran dan pengembangan anggota komunitas kami.

Community Building | Dana Cita - Pinjaman Pendidikan Terjangkau

Program Community Building di Dana Cita

Community Building di Dana Cita memfasilitasi pengembangan various skill - entah itu soft maupun hard skill bagi semua anggota komunitasnya. Adapun bentuk program dalam Community Building bermacam-macam, sejauh ini kami memberikan program berupa workshop, sharing session, dan community meet-up. Seiring dengan perkembangan Dana Cita dan komunitasnya, kami percaya bahwa akan banyak program-program pengembangan baru yang bisa kami selenggarakan. Selain itu, pembicara dan fasilitator yang kami undang merupakan beberapa sosok inspiratif dengan track record yang sangat cemerlang - we want to present the best for you!

Program-program dalam Community Building biasanya dilaksanakan di daerah Jakarta dan sekitarnya. Akan tetapi, dengan semakin banyaknya komunitas kami yang berada di berbagai kota di Indonesia, kedepannya kami pasti akan melaksanakan program ini di luar kota juga. So, stay tuned for our next Community Building programs in your city ya!

Apa saja program-program Community Building yang sudah terlaksana?

Sejak didirikannya Dana Cita pada tahun 2017, kami telah melaksanakan beberapa program Community Building.

  1. Visual Communication Workshop.

Workshop ini diadakan pada tanggal 25 Februari 2018 di Kantorkuu, Jakarta dengan fasilitator utama yaitu Swedian Lie (alumi Georgetown University, Amerika Serikat). Dalam kesempatan ini, Swedian memberi pelatihan kepada Campus Ambassador dari Universitas Indonesia dan Institut Pertanian Bogor tentang Visual Communication. Selain itu, dirinya juga berbagi pengalaman bekerja di Amerika Serikat.

  1. Community Meet Up: Buka Bersama.

Pada bulan Ramadhan kemarin, atau tepatnya tanggal 18 Mei 2018 kami mengadakan acara Community Meet Up sekaligus buka puasa bersama. Di acara ini, kami mempertemukan semua anggota Komunitas Dana Cita yang terdiri dari Campus Ambassador, para pengguna pinjaman pendidikan Dana Cita dengan kami sendiri dari tim Dana Cita. Pada kesempatan kali ini, kedua co-founders Dana Cita – Susli Lie dan Naga Tan berbagi cerita inspiratif mereka dalam mendirikan Dana Cita. Selain itu, mereka juga menyampaikan visi dan misi Dana Cita kepada semua anggota Komunitas Dana Cita dan berharap komunitas kami dapat membantu Dana Cita menjalankan misinya untuk membantu lebih banyak orang mencapai mimpinya. Liputan acara ini bisa dibaca dalam tautan ini.

  1. Creative Design Thinking Workshop.

Program Community Building kami berlanjut dengan workshop yang merupakan kerja sama antara Dana Cita dan C2B: Classroom to Boardroom. Workshop ini diadakan selama dua hari, yaitu pada tanggal 14-15 Juli 2018 di Tokopedia Tower, Jakarta dengan fasilitator utama Ketty Lie (Current Student of Harvard Business School, Amerika Serikat). Tema dalam workshop kali ini adalah tentang salah satu metode problem sovling, yaitu Design Thinking. Selain itu, peserta juga diberi challenge spesial untuk idea pitching di depan Tom Schmittzehe dan salah satu co-founders Dana Cita – Susli Lie. Silakan membaca keseruan acara ini di halaman ini.

  1. Dana Cita Inspiring Forum.

Progam selanjutnya adalah Dana Cita Inspiring Forum yang diadakan pada tanggal 25 Agustus 2018 di Gondangdia, Jakarta dengan pembicara utama adalah Duta Besar Hungaria Termuda Untuk Indonesia : H.E. Ms. Judit Pach. Acara kali ini dibagi menjadi dua sesi. Sesi pertama adalah makan siang eksklusif bersama dengan Duta Besar, pesertanya adalah anggota Komunitas Dana Cita. Pernah membayangkan bisa berkesempatan duduk bareng dengan seorang Duta Besar dari negara sahabat dam ngobrol berbagai macam hal? We're so happy to give this precious opportunity! Dilanjutkan dengan sesi sharing session, yang dihadiri kurang lebih 50 orang. Dalam kesempatan ini, H.E. Ms. Judit Pach berbagi cerita tentang pengalamannya dalam meraih kesuksesan di usia muda. Liputan lengkap, silakan klik di sini.

All Posts
×

Almost done…

We just sent you an email. Please click the link in the email to confirm your subscription!

OKSubscriptions powered by Strikingly