Return to site

Seminggu Bersama Dana Cita Campus Ambassador, Anak-anak Muda Berprestasi yang Mendukung Solusi Pinjaman Pendidikan Terjangkau

· News,Cerita Komunitas

Setelah menyeleksi ratusan mahasiswa dari puluhan perguruan tinggi di Indonesia yang mengikuti program Campus Ambassador 2.0, di awal bulan Oktober 2018 tim Dana Cita akhirnya berkesempatan menjumpai sekitar 100 ambassador terpilih yang tersebar di sejumlah daerah. Antusiasme para pelamar yang tinggi untuk menjadi bagian dari solusi pinjaman pendidikan terjangkau Dana Cita, membuat proses seleksinya cukup menantang. Tak heran kalau pertemuan pertama ini pun menjadi sebuah pengalaman yang istimewa dan berkesan—baik bagi tim Dana Cita maupun Campus Ambassador sendiri.

Di antara seluruh rangkaian first meeting dengan teman-teman Campus Ambassador 2.0, Malang menjadi kota pertama yang kami sambangi; dilanjutkan dengan Surabaya, Semarang, lalu Yogyakarta. Namun, tak hanya keempat kota itu saja, tim Dana Cita juga bertemu dengan teman-teman Campus Ambassador di kawasan Jabodetabek dan Bandung. Kegiatan ini berlangsung selama seminggu penuh di sela-sela kesibukan kuliah dan kegiatan organisasi mereka yang cukup padat—bahkan, ada yang sedang menjalankan Ujian Tengah Semester!

Dana Cita Campus Ambassador terdiri dari mahasiswa-mahasiswa aktif dan berprestasi yang mewakili belasan perguruan tinggi di Indonesia, antara lain Universitas Indonesia, Universitas Negeri Jakarta, Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta, Universitas Gunadarma, Institut Pertanian Bogor, Universitas Padjadjaran, Institut Teknologi Bandung, Universitas Pendidikan Indonesia, Universitas Negeri Semarang, Universitas Diponegoro, Universitas Gadjah Mada, Universitas Negeri Yogyakarta, Universitas Negeri Malang, Universitas Brawijaya, Institut Teknologi Sepuluh November, dan Universitas Airlangga.

Dana Cita Campus Ambassador Universitas Negeri Malang Berdiskusi tentang Pinjaman Pendidikan

Acara diawali dengan sesi perkenalan masing-masing ambassador

Sebelum resmi bergabung menjadi anggota keluarga besar Dana Cita, tentunya penting bagi setiap ambassador untuk mengenal dan memahami apa itu Dana Cita beserta visi dan misinya. Dalam suasana yang hangat, usai mengawali pertemuan dengan perkenalan diri masing-masing, teman-teman Campus Ambassador pun diajak untuk mengupas tuntas layanan pinjaman pendidikan terjangkau yang ditawarkan oleh Dana Cita.

“Hadirnya Dana Cita menurut saya dapat membantu meringankan beban para pelajar di Indonesia untuk mendapatkan pendidikan. Sebagai seorang pelajar yang berasal dari latar belakang keluarga kurang mampu, saya merasa harus turut andil dalam membantu para pelajar Indonesia lainnya yang mengalami kesulitan dalam membiayai pendidikannya.” - Campus Ambassador Universitas Airlangga

Dari hasil bincang-bincang saat first meeting dan survei kecil-kecilan yang kami lakukan di Instagram Dana Cita, kami mendapati bahwa ternyata tak sedikit mahasiswa yang tergerak untuk menjadi Campus Ambassador Dana Cita, karena dilatarbelakangi oleh kesadaran akan kendala finansial yang menghalangi mimpi banyak pelajar Indonesia. Jadi, bukan cuma fokus mengejar prestasi, Campus Ambassador Dana Cita juga peduli pada permasalahan di sekitar mereka.

“Saya berasal dari keluarga kurang mampu yang mendapatkan beasiswa Bidikmisi. Dari kondisi ini, saya menyadari bahwa masih banyak SDM yang memiliki kesempatan untuk merasakan pendidikan tinggi, tetapi terhalang biaya. Dari keprihatinan inilah saya mengajukan diri untuk menjadi Campus Ambassador Dana Cita.” - Campus Ambassador Universitas Gadjah Mada

“Motivasi terbesar saya untuk menjadi Campus Ambassador Dana Cita 2.0 adalah, saya ingin ambil bagian dalam memberikan motivasi dan informasi seputar pendidikan bagi para anak bangsa, terutama mahasiswa-mahasiswi Universitas Padjadjaran. Motivasi terbesar lainnya, saya ingin memberikan aksi nyata bagi pembangunan pendidikan di Indonesia. Apalagi saya sendiri sempat mengalami kesulitan dalam menghadapi besarnya biaya untuk menempuh pendidikan tinggi.” - Campus Ambassador Universitas Padjadjaran

“Visi dan misi Dana Cita, sangat sesuai dengan kondisi anak-anak muda di desa saya. Dana Cita memberikan akses yang sekiranya dapat membantu teman-teman saya meraih asa mereka, sehingga kuliah bukanlah hal yang tidak mungkin, tapi sangat mungkin untuk mereka dapatkan. Saya ingin membantu teman-teman saya untuk kembali membangun asa yang telah lama mereka kubur; mengubah pandangan mereka tentang kuliah yang menghabiskan uang, dan bersama nantinya membangun desa kami.” - Campus Ambassador Universitas Indonesia

Setelah puas membahas pinjaman pendidikan Dana Cita, saatnya memasuki sesi berikutnya di mana para ambassador mempelajari kontribusi apa saja yang bisa mereka berikan bersama Dana Cita. Tentunya setiap program yang mereka jalankan nantinya merupakan bagian penting dari misi besar Dana Cita dalam menjawab persoalan biaya pendidikan di Indonesia. Peran serta setiap anggota komunitas Dana Cita sangatlah berarti dalam menggerakkan upaya Dana Cita untuk menjadikan pendidikan tinggi terjangkau bagi semua kalangan.

“Kami percaya bahwa setiap orang memiliki potensi dan masa depan yang cerah. Sayangnya, banyak pelajar yang kesulitan berjuang menempuh pendidikan karena kendala finansial. Dana Cita hadir untuk memastikan bahwa semua orang bisa menempuh pendidikan. Untuk itulah kami menggandeng para Campus Ambassador untuk bersama-sama membantu sesama pelajar atau mahasiswa untuk menggapai mimpinya.” – Susli Lie, Co-Founder Dana Cita

Dana Cita Campus Ambassador Brawijaya Berdiskusi tentang Pinjaman Pendidikan

Diskusi bersama Campus Ambassador Universitas Brawijaya, Malang, dalam suasana Hari Batik Nasional

Selain menjawab setiap pertanyaan yang diajukan oleh para ambassador, diskusi bersama tim Dana Cita sesekali diselingi obrolan santai seputar keseharian mereka sebagai mahasiswa di perguruan tinggi masing-masing. Keakraban pun semakin terjalin ketika para ambassador saling membagikan kisah perjalanan mereka sampai diterima di perguruan tinggi impian, serta suka duka kuliah merantau dan jauh dari keluarga.

Campus Ambassador Dana Cita berasal dari berbagai daerah di seluruh Indonesia. Meskipun berkuliah di pulau Jawa, tak sedikit dari mereka yang merantau dari Medan, Aceh, Bukittinggi, Lampung, Bangka Belitung, Pontianak, Makassar, dan masih banyak lagi. Pengalaman tersebut diakui mereka mengajarkan banyak hal tentang hidup mandiri dan bertanggung jawab.

Hal lain yang membuat tim Dana Cita kagum sekaligus bangga dengan para ambassador adalah, komitmen mereka untuk bersungguh-sungguh memaksimalkan kesempatan yang sudah mereka perjuangkan sejak lama. Setiap waktu luang selalu mereka isi dengan hal-hal yang positif dan produktif, seperti terlibat aktif dalam kegiatan atau event organisasi, ikut kompetisi di tingkat nasional maupun internasional, magang full-time saat libur kuliah, hingga mengembangkan bisnis yang sedang mereka rintis. Yes, beberapa di antara mereka sudah punya startup, lho!

Kami percaya, dengan track record mereka yang mengagumkan, Campus Ambassador Dana Cita mampu merangkul banyak anak muda lainnya untuk semangat berpendidikan tinggi, serta berprestasi seperti mereka.

Dana Cita Campus Ambassador UNDIP & UNNES: Mendukung Solusi Pinjaman Pendidikan Terjangkau
Dana Cita Campus Ambassador UNPAD: Mendukung Solusi Pinjaman Pendidikan Terjangkau
Dana Cita Campus Ambassador ITB & UPI: Mendukung Solusi Pinjaman Pendidikan Terjangkau

Acara ditutup dengan sesi foto bersama seluruh ambassador

Pertemuan pertama kami dengan lebih dari 100 anak muda yang memiliki motivasi dan semangat luar biasa ini, bukanlah sekadar ajang perkenalan. Lebih dari itu, kami saling berbagi ide, inspirasi, dan pelajaran demi sebuah keberhasilan untuk mencapai satu visi yang sama, yaitu mengubah cita-cita dan aspirasi seluruh pelajar dan mahasiswa di Indonesia untuk menempuh pendidikan tinggi menjadi nyata.

“Dana Cita didirikan dengan misi menjadikan pendidikan terjangkau bagi semua kalangan. Hal ini tidak akan bisa tercapai tanpa bantuan dan dukungan dari komunitas kami—tak terkecuali Campus Ambassador. Kontribusi dari teman-teman sangat kami hargai dan kami berharap teman-teman mendapat pengalaman yang menyenangkan bersama Dana Cita.” – Naga Tan, Co-Founder Dana Cita

Terima kasih kepada seluruh Campus Ambassador Dana Cita atas waktu dan pengalamannya yang berharga. Sampai bertemu lagi di kesempatan berikutnya! :)

All Posts
×

Almost done…

We just sent you an email. Please click the link in the email to confirm your subscription!

OKSubscriptions powered by Strikingly